Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan

Manfaat Lidah Buaya
Manfaat Lidah Buaya - Tentu sudah tidak asing kan dengan tanaman ini? Tanaman yang mempunyai nama lain Aloe barbadensis Milleer merupakan tanaman yang sangat terkenal sebagai tanaman penyubur rambut, perawatan kulit, dan penyembuhan luka. 

Tanaman yang juga dikenal sebagai aloe vera ini sangat mudah sekali ditemukan karena bisa tumbuh di tanah yang memiliki tekstur tanah kering sekalipun. Dengan kemajuan teknologi, tanaman lidah buaya ini sekarang ini sudah banyak dibudidayakan dan dikembangkan sebagai bahan baku untuk kecantikan, farmasi, bahkan produk makanan dan minuman.

Menanam tanaman ini sangat mudah sekali, karena kita tidak terlalu membutuhkan lahan yang luas cukup di pekarangan rumah atau pun pot-pot bunga sekaligus sebagai tanaman hias.

Sebagai informasi bahwa lidah buaya juga termasuk dalam 10 tanaman yang laris di seluruh dunia dan berpotensi untuk selalu dikembangkan sebagai bahan baku industri dan tanaman obat.

Para pakar peneliti telah melakukan penelitian tentang kandungan yang ada dalam lidah buaya dan ternyata kandungan-kandungan tersebut memiliki manfaat yang penting bagi tubuh. Misalnya seperti mineral, lemak, karbohidrat, asam amino, protein,  polisakarida, vitamin C, dan lain-lain.

Setelah sedikit mengetahui tentang  kandungan yang ada di dalam lidah buaya, di sini akan dijabarkan tentang manfaat lidah buaya yang cukup bagus bagi tubuh kita.

Berikut beberapa  manfaat lidah buaya bagi kesehatan.
  1. Menyuburkan rambut
    Tentu hal ini sudah tidak asing lagi karena manfaat ini yang sering kita dengar. Selain rambut subur, rambut juga akan terlihat mengkilap, lebat, dan tidak rontok.

    Caranya ambil lidah buaya lalu potong menjadi beberapa bagian dan ambil dagingnya. Kemudian usapkan potongan tersebut pada rambut secara merata sambil dipijat dan diamkan beberapa menit. Bilas dengan menggunakan air bersih dan lakukan secara rutin agar hasilnya memuaskan.
  2. Mengatasi ketombe
    Setelah kemarin kita juga pernah membahas tentang mengobati ketombe, ternyata lidah buaya juga bisa lho.. Caranya ambil lidah buaya lalu potong dan ambil lendir nya. Kemudian usapkan pada rambut secara merata dan diamkan beberapa menit lalu bilas dengan shampoo.
  3. Membantu regenerasi kulit
    Kulit yang mati bisa menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan, maka dari itu perlu dilakukan regenerasi kulit agar kulit tetap awet muda. Kemarin kita juga telah membahas artikel tantang  cara mengatasi penuaan dan ternyata tanaman aloe vera bisa dipakai untuk membantu regenerasi sel kulit.

    Hal itu disebabkan karena aloe vera memiliki kandungan zat antioksidan seperti vitamin C, flavonoid, dan betakaroten yang berfungsi sebagai anti penuaan. Selain itu, lidah buaya juga bisa dipakai untuk menghilangkan selulit atau strecth mark setelah melahirkan, bekas luka, dan bintik-bintik hitam pada kulit.
  4. Membantu pencernaan
    Gel yang ada pada lidah buaya yakni aloe lateks sangat baik untuk membantu kinerja usus dalam mengusir dan membuang racun-racun yang menempel pada usus. Jika racun-racun tersebut tidak dibuang dari dalam tubuh kita lama-kelamaan akan menjadikan kinerja usus tidak optimal dam menyerap nutrisi.
  5. Obat luka bakar dan antiseptik
    Seluruh tanaman ini memiliki kandungan yang berfungsi sebagai zat antiseptik dan menyembuhkan luka bakar. Kandungan tersebut misalnya flavonoid, saponin, polifenol,  dan tannin.
  6. Obat diabetes
    Bukan hanya permasalahan-permasalahan  yang mungkin terlihat sepele saja melainkan penyakit yang dianggap serius juga bisa diatasi, seperti penyakit diabetes. Caranya ambil 2 batang lidah buaya dan cuci bersih. Kemudian potong menjadi beberapa bagian dan rebus dalam air kurang lebih 3 gelas. Minum ramuan tersebut secara rutin 3 kali sehari.
Demikian sedikit info tentang manfaat lidah buaya yang bisa kita ambil dan kita terapkan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada. Sebenarnya masih banyak manfaat lidah buaya yang belum dicantumkan dalam artikel ini seperti mengobati kencing manis, wasir, sembelit, maag, cacingan, dan lain-lain.

Anda juga bisa membaca artikel lain yang tidak kalah menarik. Khasiat Getah Jarak bagi Kesehatan atau Khasiat ilalang bagi Kesehatan.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Indo tekno - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger