Cara Reset BIOS dengan Baik dan Benar


Merreset BIOS Motherboard Komputer  adalah salah satu langkah dasar yang seringkali dilakukan dalam proses perbaikan komputer. walaupun mungkin kebanyakan orang telah mengetahui cara mereset bios ini, tapi apa salahnya saya memposting artikel ini moga ajah bermanfaat.

walau keliatannya gampang, tapi jangan salah mereset BIOS yang salah dapat menyebabkan BIOS atau komponen  komponen motherboard lainnya menjadi rusak, itulah pengalaman yang pernah saya alami. ya dari pada berama - lama cekidot ajah langsung ke KTP  ehh TKP 




Langkah-langkah untuk mereset BIOS Komputer yang baik dan benar :

  1. periksa dulu bahwa PC anda sudah tidak menyambung lagi dengan arus listrik cabut kabel power usb dan kabel VGA .

  2. Tunggu dulu  untuk memastikan arus listrik yang ada di motherboard anda telah hilang. Untuk mempercepat  (membuang) sisa arus listrik pada motherboard , coba tekan  tombol power on pada komputer.

  3. Cari tombol atau jumper yang bertuliskan CLR CMOS. jumper ini ada yang terdiri dari 3 pin dan 2 pin. Untuk meng-clear CMOS atau mereset BIOS, tekan tombol reset tersebut. Untuk yang tipe jumper 3 pin, pindahkan posisi jamper ke sisi lainnya sedangkan tipe jumper 2 pin, maka kita tinggal menjumper kedua pin tersebut, klo kesulitan mencari jumper standar, gunakan saja obeng untuk menjumper pin tersebut. Intinya sih  agar kedua pin menjadi terhubung (short). diamkan dulu beberapa detik dalam posisi tersebut.

  4. Setelah itu pindahkan kembali posisi jumper ke posisi semula untuk yang tipe 3 pin atau cabut jumper untuk tipe 2 pin. Masukan kembali kabel power supply motherboard. Pastikan semua terangkai dengan bener terus menghubungkan komputer ke listrik . 

  5. Nyalakan kembali komputer. Apabila reset BIOS berhasil maka setingan BIOS akan kembali ke posisi semula. Dan pada kasus kerusakan komputer tidak bisa booting, setelah BIOS di reset, biasanya komputer akan bisa booting kembali.

  6. kalau reset BIOS tidak berhasil, lakukan kembali langkah 1-2, lau  cabut baterai BIOS dan lakukan kembali langkah 3-5.

  7. kalau belum berhasil juga, ulangi kembali langkah 1-2, cabut semua kabel power supply pada motherboard, lepas baterai BIOS dan Memory (RAM) Komputer. pokoknya Ulangi langkah 3-5.

  8. Langkah terakhir untuk mereset BIOS kalau cara diatas belum berhasil juga caranya adalah kembali lakukan langkah 1-2, kemudian lepas semua komponen pada motherboard yaitu Processor, RAM dan Card tambahan lainnya seperti VGA Card. Bersihkan kembali motherboard dari kotoran dan ulangi langkah 3 diatas, kali ini diamkan dulu selama 30 menit. terus baru ulangi langkah 3-5.

Demikian lah cara mereset Bios yang baik moga aja bermanfaat dan berhasil.
terimkasih. 

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Indo tekno - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger